Entit , Panji Asmara Bangun Di Abad 20

 
       Midhêring rat angêlangut ,
       Ragil Kuning angupadi ,
       mèndrané Panji Asmara ,
       kang mèmba dadi wong tani ,
       sang dyah ayu sru kasmaran ,
       anyawang têgalan sabin ,
       wus namur sang Panji ,
       si Êntit kang nami ,
       anêngga têgalan bindêng pisan ,
       Ragil kuning ngingêti datan ngêrti ,
       mulané ya ndangu si Êntit kang lagi tunggu.
 

• Ragil Kuning   :   Entiiiiit !!

• Entit   :   Heeh ! Kaget aku , jebul kok kowe tho Ragil Kuning , Ragil Kuning !
                Kowe kok ora ketok-ketok iki nyang endi cah ayu ?
                Aku wis rindu lho cah manis , cah manis.

• Ragil Kuning   :   Sing nandur pari kuwi sopooooo , Entiiit ?

• Entit   :   Ragil Kuning , kuwi sing nandur aku cah ayu.
                Kowe arep po ? Yen arep pek’en kabeh . . .
                Sokur yen gelem ambik aku sisan , pek’en aku.

• Waranggana   :   Ha.ha.ha.ha..

• Ragil Kuning   :   Gemang Entiiit , aku mung takon wae kok . . .
                            Entiiiiiiit . . !!

• Entit   :   Wadhuh mateng aku . . .
                Ragil kuning ,
                kuwe yen nyenyeluk jenengku iki rasane atiku mak-nyos mak-nyos ,
                sajak piye , koyo wong entuk buntutan kae lho.

• Waranggana   :   Ha.ha.ha.ha..

• Ragil Kuning   :   Sing nandur jagung gede-gede kuwi sopo , Entiiiit ?

• Entit   :   Sing nandur aku yo wuk yo , pek’en kabeh yo wuk yo.
                Sing nandur aku yo Wuk yo , pek’en kabeh yo Wuk yo , angger diijoli.

• Ragil Kuning   :   Gemang Entiiit , aku mung takon wae kok . . .
                            Entiiiiiit . . !!

• Entit   :   Lhaa..lha..lha..lha.. Opoooo , cah ayu opo ?
                Kok pijer nyeluk terus sajak ada rasa iki. Aalalalalah . . .

• Ragil Kuning   :   Sing nandur timun mblinek-mblinek kuwi sopo , Entiiit ?

• Entit   :   Iyo aku cah ayu , pek’en kabeh yo wuk yo.
                Iyo aku cah ayu , pek’en kabeh yo wuk yo , angger diijoli.

• Ragil Kuning   :   Gemaang Entit , aku mung takon wae kok . . .
                            Entiiiiiit . . !!!

• Entit   :   Adhuuuh yung . . adhuh yung. Kowe opo sido gelem tenan tha wuk ?

• Ragil Kuning   :   Sing nandur kacang dawa-dawa kuwi sopo , Entiiit ?

• Entit   :   Ahh , prruuuuttt !!

• Waranggana   :   Ha.ha.ha.ha..

• Entit   :   Crigis ! Bocah kok crigis lho . . dikandhani aku iki yo aku !
                Ora Ragil Kuning ,
                kuwi gelem ora ngladeni aku sak sungsungan wae , heh ?

• Ragil Kuning   :   Emooooh Entiiit , aku wis ono sing nduwe , kok.

• Entit   :   Ah , mbok gelem.

• Ragil Kuning   :   Ah , mbok emooh.

• Entit   :   Ah , muk sitik kok. Mumpung aku isih gelem lho cah ayu.
                Yen aku emoh kojur kowe !
                Yen kuwe emoh , raiku dak deleh neng endi ?

• Ragil Kuning   :   Yo selehno kono wae to Entit.

• Entit   :   Lhaa..lha..lha..lha.. Opo soal bandha ? Yen bandha aku sugih.
                Opo soal duwit ? Yen duwit , duwitku nganti jamuren kabeh kae lho.
                Yen duwit entek , tuku ngono . . .

• Waranggana   :   Ha.ha.ha.ha..

• Ragil Kuning   :   Gemang , gemang , Entiiit , aku mung takon wae kok.
 

       Si Êntit atiné rumangsa diécé ,
       nubruk sanga putri dièndani ,
       kêna cundrik sêkti
       badhar dadi Dyan Panji
       gya bali sukarêna sa’nagari.
 

———————————————————————————————————————-
 

       Mengelilingi bumi tanpa batasan ,
       Ragil Kuning mencari ,
       perginya Panji Asmara ,
       yg berubah menjadi seorang petani.
       Sang Dyah Ayu (wanita cantik) sangat terpesona ,
       melihat sawah ladang -yg subur-.
       Sang Panji sudah berubah ,
       Si Entit namanya ,
       menjaga ladang , juga sengau bicaranya ,
       Ragil Kuning melihatnya -tapi- tidak mengetahui ,
       segera bertanya pada si Entit yg sedang menunggu -ladang-.
 

• Ragil Kuning   :   Entiiiiit !!

• Entit   :   Heeh kaget aku ,
                tak disangka koq kamu tho Ragil Kuning , Ragil Kuning !
                Kamu kog lama tidak kelihatan kemana saja anak cantik ?
                Aku sudah rindu lho anak manis , anak manis.

• Ragil Kuning   :   Yg menanam padi itu siapa , Entiiit ?

• Entit   :   Ragil kuning , itu yg menanam aku , anak ayu.
                Kamu mau tha ? Kalo mau ambillah semua . . .
                Syukur kalo mau dengan diriku sekalian , ambillah aku.

• Waranggana   :   Ha.ha.ha.ha..

• Ragil Kuning   :   Gak mau Entiiit , aku cuma bertanya saja koq . . .
                            Entiiiiiiit . . !!

• Entit   :   Wadhuuh , celaka aku . . .
                kamu kalo memanggil-manggil namaku itu
                hatiku rasanya mak-nyos , mak-nyos ,
                seperti gimana ya , seperti orang yg mendapat togel itu lho.
                (mak-nyos adalah ungkapan keadaan yg berubah dengan cepat ,
                seperti saat siang panas terik meminum air dingin ,
                atau besi yg membara dan dengan cepat dicelupkan ke air dingin)

• Waranggana   :   Ha.ha.ha.ha..

• Ragil Kuning   :   Yg menanam jagung besar-besar itu siapa , Entiiit ?

• Entit   :   Yg menanam aku ya non ya , ambillah semua ya non ya.
                Yg menanam aku ya non ya , ambillah semua ya non ya.
                Asalkan diberi ganti.
                (wuk dari kata ‘bawuk’ , panggilan untuk anak perempuan ,
                namun juga diartikan sebagai -maaf- kemaluan wanita)

• Ragil Kuning   :   Gak mau Entiiit , aku cuma bertanya saja koq . . .
                            Entiiiiiiit . . !!

• Entit   :   Lhaa..lha..lha..lha.. Apaaaa , anak ayu , apa ?
                Koq tetep memanggil-manggil sepertinya ada rasa ini. Aalalalalah ….

• Ragil Kuning   :   Yg menanam timun gemuk-gemuk itu siapa , Entiiit ?

• Entit   :   Juga aku anak cantik , ambillah semua ya non ya.
                Juga aku anak cantik , ambillah semua ya non ya.
                Asalkan diberi ganti.

• Ragil Kuning   :   Gak mau Entiiit , aku cuma bertanya saja koq . . .
                            Entiiiiiiit . . !!

• Entit   :   Adhuuh bu . . adhuh bu.
                Kamu apa benar-benar mau -denganku- tho non ?

• Ragil Kuning   :   Yg menanam kacang panjang-panjang itu siapa , Entiiit ?

• Entit   :   Ahh , prruuuuttt !!

• Waranggana   :   Ha.ha.ha.ha..

• Entit   :   Criwis ! Anak koq criwis lho . . Diberitahu aku itu ya aku !
                Gak , Ragil Kuning ,
                kamu mau gak melayani aku satu pertemuan aja , heh ?

• Ragil Kuning   :   Gak mau Entiiiit , Aku sudah ada yg punya koq.

• Entit   :   Ach , mbok mau.

• Ragil Kuning   :   Ach , mbok enggak.

• Entit   :   Ach , cuma sedikit aja koq. Mumpung selagi aku mau lho anak cantik.
                Kalo aku gak mau , celaka kamu !
                Kalo kamu gak mau , dimana akan kutaruh mukaku ?

• Ragil Kuning   :   Ya ditaruh disitu aja tho , Entit.

• Entit   :   Lhaa..lha..lha..lha.. Apa soal harta ? Kalo harta aku kaya.
                Apa soal uang ? Kalo uang , uangku sampai berjamur semua itu lho.
                Kalo uang habis , beli . . .

• Waranggana   :   Ha.ha.ha.ha..

• Ragil Kuning   :   Gak mau , gak mau , Entiiiit , aku cuma bertanya saja koq.
 

       Si Entit hatinya merasa diejek (dipermainkan)
       hendak memeluk sang putri (Ragil Kuning) , -tapi- dihindari ,
       -malah- terkena keris sakti ,
       berubah wujud menjadi Raden Panji
       segera kembali bersukacitalah seluruh negeri.
 
 
Catatan :
Entit dibawakan oleh Waljinah , dirilis tahun 1971 oleh Lokananta.

=================================================
 

Sebagai anak dari permaisuri ,
keputusan Dewi Kilisuci (Sanggramawijaya Tunggadewi) menolak hak waris ,
dan memilih menjauhkan diri dari segala urusan keduniawian ,
dengan bertapa di Goa Selomangleng , Gunung Klotok , sebelah barat Kediri ,
membuat Prabu Airlangga khawatir ,
antara anak-anaknya kelak akan terjadi pertumpahan darah , perebutan tahta.

Prabu Airlangga-pun lalu memutuskan membagi kerajaan Kahuripan menjadi dua.
Pelaksana palihan nagari , membagi kerajaan menjadi dua , adalah Mpu Bharada ,
yg dengan kesaktiannya , mahawan gegana , terbang menaiki awan di angkasa ,
mengucurkan tirta suci yg tak habisnya dari sebuah kendi ,
memberi batas antara dua kerajaan disertai puja dan sabda ,
agar penguasa kedua kerajaan mengutamakan kerukunan untuk kesejahteraan bawana ,
sebab kutukan akan menimpa sesiapapun yg merebut apa yg bukan menjadi haknya.

Janggala yg berkotanagari di Kahuripan meliputi Malang , Surabaya , Pasuruan ,
kemudian diperintah oleh Raja Jayantaka Tunggadewa (Prabu Lembu Amiluhur).
Sedangkan Panjalu (Kadiri) yg berkotanagari di Daha ,
wilayahnya meliputi Kediri , Madiun , Ngawi ,
diperintah oleh Raja Jayawarsya Tunggadewa (Prabu Lembu Amijaya).

Dalam perjalanan waktu ,
kedua raja tersebut berniat untuk mempersatukan kembali dua kerajaan.
Raden Panji Inu Kertapati (Panji Asmara Bangun) , putra mahkota kerajaan Janggala ,
dipertunangkan dengan Dewi Sekartaji (Galuh Candra Kirana) , puteri kerajaan Kadiri.

Namun tanpa sepengetahuan sang raja dan permaisuri ,
Raden Panji Asmara Bangun diam-diam menikahi Dewi Anggraeni ,
seorang wanita dari kalangan rakyat biasa.
Ujaring warta kang ginawa pawana binandhunging karna ,
kabar yg tersebar terbawa angin bergema dan terdengar telinga Prabu Lembu Amijaya ,
yg kemudian mengirim duta membawa nawala (surat) menanyakan kebenaran kabar itu ,
adakah Prabu Lembu Amiluhur berniat membatalkan pertunangan putra-putri mereka.

Prabu Lembu Amiluhur terkejut lalu mencari tahu akan kebenaran kabar itu.
Kembalinya duta dari kerajaan Kadiri dengan nawala yg berisikan permohonan maaf ,
karena sebagai orang tua telah lalai mengawasi sang putra.
Pertunangan antara Dewi Sekartaji dan Raden Panji Asmara Bangun tidak dibatalkan ,
dan berjanji akan menyelesaikan persoalan yg ditimbulkan oleh sang putra.

Prabu Lembu Amiluhur lalu memerintahkan orang kepercayaannya ,
untuk membunuh Dewi Angraeni agar tidak menjadi penghalang.

Sementara itu , di kerajaan Kadiri , Dewi Sekartaji sangatlah bersedih ,
ketika mendengar juga kabar ,
bahwa Raden Panji Asmara Bangun telah mengawini Dewi Anggraeni.
Dewi Sekartaji pun lalu diam-diam meninggalkan keraton.
Raden Panji Asmara Bangun yg kemudian mengetahui bahwa istrinya telah meninggal ,
sangatlah bersedih , apalagi ketika mendengar kabar ,
bahwa tunangannya , Dewi Sekartaji , juga pergi tak tentu rimbanya ,
karena mengetahui bahwa ia sudah mengawini Dewi Anggraeni.

Raden Panji Asmara Bangun pun pergi dari kerajaan dengan beberapa prajurit pengikut ,
mengembara untuk mencari keberadaan Dewi Sekartaji.
Apa yg telah dipersatukan oleh dewata , tak akan terpisah oleh manusia ,
hanya sang kala yg membentangkan jarak sahaja.
(Kala berarti waktu , masa.
Namun juga bermakna Bathara Kala , sang panggodha rencana , halangan).
Dalam pengembaraan ,
Raden Panji Asmara Bangun dipertemukan dengan Dewi Sekartaji.
Akhir cerita yg dipenuhi sukacita segenap kawula nagari ,
kebahagiaan kedua insan , mengiringi penyatuan kembali kedua kerajaan.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sebagai karya sastra yg berasal dari Jawa Timur ,
cerita Panji tidak hanya berkembang dan tersebar pada kalangan kerajaan ,
ataupun masyarakat Jawa Timur ,
tapi juga di berbagai tempat di Nusantara dan manca
(Jawa , Bali , Kalimantan , Malaysia , Thailand , Kamboja , Myanmar dan Filipina).
Dengan berbagai nama dan varian cerita yg berbeda ,
namun kemiripan nama tokoh dan inti alur cerita yg tak jauh berbeda.

Ande-ande Lumut , Keong Mas dan Golek Kencana ,
adalah varian cerita tentang Raden Panji Asmara Bangun dengan Dewi Sekartaji ,
Yg lebih mudah dikenali dalam masyarakat umum ,
karena tidak hanya menjadi dongeng pengantar tidur ,
namun juga dipentaskan dalam panggung pertunjukkan seni , ludruk , ketoprak.

Versi pertemuan Raden Panji Asmara Bangun dengan Dewi Sekartaji ,
semasa pengembaraan , berbeda antara satu cerita dengan yg lain.

Dalam Ande-ande Lumut , Dewi Sekartaji menjadi anak angkat Klenthing Biru ,
mbok randha yg mempunyai 2 anak , Klenthing Abang dan Klenthing Ijo.
Mendengar kabar bahwa di desa seberang ,
seorang pemuda tampan yg wara-wara , menyebar kabar , mencari seorang istri.
Klenthing Kuning bersama saudara angkatnya ngunggah-unggahi , mengajukan pinangan ,
namun sang pemuda tampan memilih Klenthing Kuning.
Yg meski berpenampilan mirip orang gila ,
karena didandani oleh ibu angkatnya sedemikian rupa ,
agar bukan Klenthing Kuninglah yg bakal dipilih.

Ada pula versi yg menceritakan ,
bahwa ketika Dewi Sekartaji meninggalkan kerajaan ,
pergi menuju ke Bali dan menjadi raja disana.
Raden Panji Asmara Bangun yg dalam pengembaraan menaklukkan beberapa kerajaan ,
ketika sampai di Bali , surut keberaniannya untuk mengalahkan raja Bali.
Demikian pula dengan raja Bali yg tak hendak melawan malah lari ke dalam Pura ,
dan menangis tersedu-sedu memohon sihing Dewata (Belas Kasih Sang Pencipta).
Melihat wajah raja Bali ,
sadarlah Raden Panji bahwa tak lain itu adalah Dewi Sekartaji.
 

Langgam Jawa “Êntit” yg dibawakan oleh Waljdinah ,
sang maestri (kalo laki-laki ‘maestro’ , he.he.he..) , pada tahun 1971 ,
memberi warna lain pertemuan Raden Panji dengan Dewi Sekartaji , pada era modern.

Raden Panji yg digambarkan sebagai ksatrya seperti pada relief candi ,
atau sang tampan yg menunggu di rumah panggung , untuk ‘diunggah-unggahi’ ,
dipinang , oleh wanita-wanita cantik seperti dalam cerita Ande-ande Lumut.
Namun dalam langgam “Entit” ,
Raden Panji namur salira (merubah wujud , menyamar)
menjadi petani yg sederhana bahkan cacat pula ,
memiliki sawah ladang dengan bermacam tanaman yg tumbuh subur ,
yg mampu menawan mata yg memandang , memikat hati yg melihat.

Ragil Kuning (Dewi Sekartaji) yg terpesona ,
dengan ijo royo-royo-nya tanaman di sawah ladang ,
akhirnya mendekati Entit yg meski ala tanpa rupa , wajahnya jauh dari tampan ,
terlihat sebagai pangarsa , pemimpin beberapa petani yg tengah bekerja ,
yg sebenarnya adalah prajurit-prajurit pengikutnya.

Entit yg kêsêngsêm , dhawah kasmaran pada Sang Dyah Ayu ,
menjawab pertanyaan-pertanyaan rasa ingin tahu sang putri yg criwis ,
bahkan menawarkan semua yg ada akan menjadi miliknya ,
bila Sang Dyah Ayu mau menanggapi dan menerima cinta si Entit.

Sang Dyah Ayu Dewi Sekartaji ,
rupanya bukanlah pribadi wanita yg silau oleh harta , terpikat oleh kekayaan ,
(toh , ia sendiri adalah putri raja yg pasti kaya raya) ,
iapun menyadari dan tak pula menutupi keadaannya (status) ,
sebagai tunangan Raden Inu Kertapati (Raden Panji Asmara Bangun).
“Aku wis ono sing duwe koq . . . ”

Éntit menjadi ‘gêmês’ dengan solah bawa , tingkah laku Sang Dewi ,
nyêdak êmoh digêpok , winangênan nanging ora ngadhoh ,
mendekat tapi tidak mau disentuh , membatasi tapi tidaklah menjauh.
Bisa ngêthuk bisa ngênong ,
bisa nggambang nanging ora bisa nyuling ,
bisa pêthuk bisa ngomong ,
bisa nyawang nanging ora bisa nyandhing.

Entit tak lagi bisa menahan diri ,
ia mencoba memeluk Sang Dyah Ayu Dewi Sekartaji.
Sang Dewi mengelak dan Entit yg terkena (tertusuk) oleh Cundrik Sakti ,
badhar , kembali pada wujud yg sebenarnya , yaitu Raden Panji Asmara Bangun.

Adegan ini memberikan pelajaran ,
bahwa perhatian , pendekatan , kebaikan ,
yg diberikan oleh seseorang (lawan jenis) ,
bukan berarti selalunya karena rasa tresna ,
ataupun memberi kesempatan untuk balik didekati dan dimiliki.
Ada yg musti dipilah antara perhatian dan cinta ,
mungkin dengan penalaran yg lebih gampang ,
“macan adalah binatang buas ,
namun bukan berarti binatang buas adalah macan” ,
kalo cinta pastinya diringi perhatian ,
namun perhatian tidak selalunya karena cinta.
Bersahaja dan sadar diri , agar tak terkena “cundrik Sakti” dan badhar ,
keadaan yg tak lagi menyenangkan seperti sebelumnya.
 

Bahwa Raden Panji yg akhirnya merelakan kepergian sang istri Dewi Anggraeni ,
dan kemudian pergi mencari tunangannya Dewi Sekartaji ,
bukanlah sekedar “tèklèk kêcêmplung kalèn , timbang golèk aluwung balèn”.
Tidaklah mudah , bahkan bagi seorang lelaki ,
untuk nglêrêmaké krênthêging ati , mendiamkan gejolak perasaan ,
atas semua kenangan terhadap seseorang yg pernah dicintai ,
yg pernah sak padhangan , sak paturon , sepiring makanan , setempat tidur.

Kehidupan haruslah dilanjutkan ,
dengan pilihan yg seyogyanya dipertimbangkan masak-masak ,
tidak sekedar patah tumbuh , hilang cari lagi , putus satu nambah ‘koleksi’.
Atau putus asa nglalu raga , bunuh diri . . . . .
 

Adakah sebenarnya Dewi Sekartaji yg berupaya lebih keras mencari Sang Panji ,
sementara ,
sang tampan memilih mencari dengan tenang , menunggu , di rumah panggung ,
seperti yg digambarkan dalam cerita “Ande-ande Lumut”.
Ataukah Raden Panji yg ‘njajah dèsa milang kori’ ,
menjelajah desa -ke desa- menghitung pintu -ke pintu- ,
hingga akhirnya menemukan sang Dewi menangis tersedu dalam Pura di pulau Bali ?

Cerita-cerita Panji sudah memberi tauladan ,
Cinta memang musti diperjuangkan ,
tidaklah penting siapa yg berusaha lebih dahulu , lebih keras ,
ataupun yg lebih banyak berkorban , karena tujuannya adalah untuk bersama ,
bersama meniti hari-hari yg membentang panjang bertirai halimun kehidupan.
Namun hanya untuk satu cinta . . . . .
                                                                               S.O.T.R , January ’13
 
 

=================================================

Menurut Sejarah :
Pada tahun 1042 , Prabu Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua.
Putra yang bernama Sri Samarawijaya mendapatkan wilayah barat ,
menjadi kerajaan bernama Panjalu yang berpusat di kota baru , yaitu Daha.
Sedangkan putra yang bernama Mapanji Garasakan mendapatkan kerajaan timur ,
menjadi kerajaan bernama Janggala yang berpusat di kota lama , yaitu Kahuripan.

=================================================

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: