Suluk-Suluk Pedhalangan – Bag.02

 
Suluk-suluk yg digunakan pada PATHÊT NÊM [2]

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Girisa [7]

Kukusing dupa kumêlun ,
ngêningkên tyas sang apêkik ,
kawêngku sagung jajahan ,
nanging sangêt angikibi ,
sang Rêsi Kanèkaputra ,
kang anjlog saking wiyati.

Kagyat ri sang kapirangu ,
pinêngkul kinêmpit-kêmpit ,
dhuh sang rêtnaning bawana ,
ya ki tukang walang-ati ,
ya ki tukang ngênês ing tyas ,
ya ki tukang kudu gêring.

     Asap dupa bergulung pelahan membumbung ,
     sang ksatrya rupawan bersemedi (mengheningkan cipta dan rasa) ,
     seluruh wilayah dalam rengkuhan ,
     namun sangatlah tidak sewajarnya ,
     Sang Resi Kanekaputra (Bathara Narada) ,
     yg tiba-tiba turun dari langit.

     Terkejut – sang ksatrya- yg hatinya tengah dalam kebimbangan ,
     dirangkul erat-erat ,
     dhuh sang permata jagad ,
     ya inilah yg membuat kawatir ,
     ya inilah yg membuat hati bersedih ,
     ya inilah yg membuat sakit diri sendiri.
 

Keterangan :
Dua bait (rong pada) tembang Kinanthi di atas ,
menceritakan tentang Rama Wijaya yg tengah bersemedi.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Girisa [8]

Mangalad-alad dahana ,
sumundhul marang akasa ,
kukusing dupa ngambara ,
umêsat mring antariksa ,
pan sigra Sri Naranata ,
sêdhakep saluku juga ,
amêpêt babahan nawa ,
ngêningkên pancadriya ,
sirna sagung kang rasa ,
sajuga sinidhikara ,
maminta sihing Jawata.

     Api berkobar-kobar ,
     -seakan- menyentuh sampai angkasa ,
     asap dupa bergulung-gulung membumbung ,
     dengan cepat menuju ke angkasa ,
     lalu segera Sri Naranata (Sang Raja) ,
     bersemedi menyatukan -kedua- kaki ,
     menutup sembilan lubang hawa (yg ada pada diri manusia) ,
     mendiamkan semua gerak (aktifitas) lima indra ,
     sirna semua rasa (rasa panca indera) ,
     terpusatkan pada satu doa ,
     memohon belas kasih Dewata.
 

Keterangan :
Sembilan lubang hawa yg ada pada manusia adalah ,
ubun-ubun , dua mata , dua telinga , dua lubang hidung , mulut , kemaluan dan dubur.
Panca indra adalah telinga , mata , lidah , hidung , perasa.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Jangkêp Sléndro Nêm

Tan samar pamoring suksma ,
sinuksmaya winahya ing ngasêpi ,
sinimpên têlênging kalbu ,
pambukaning warana ,
tarlèn saking liyêp layaping aluyup ,
pindha pêsating supêna ,
sumusuping rasa jati.

     Tak ragu-ragu dengan menyatunya Sang Suksma ,
     dihayati dan dinyatakan disaat hening (sunyi) ,
     disimpan dalam lubuk hati.
     Pembuka tabir penghalang -itu- ,
     tiada lain dari keadaan antara tidur (lupa) dan sadar (ingat) ,
     seperti masuk ke alam mimpi ,
     hadirnya rasa yg sejati.
 

Keterangan :
Ada-ada di atas adalah tembang pangkur ,
petikan dari “Serat Wedhatama” bait ke 13 ,
(yg masih dipertanyakan tentang pengarang yg sesungguhnya ,
R. Ng. Ronggowarsito ataukah KGPAA. Mangkunegara IV).
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Nêm Jugag

Hanjrah ingkang puspita rum ,
kasiliring samirana mrik ,
sêkar gadhung kongas gandanya ,
mawèh raras rênaning driya.

     Harumnya bunga menyebar ,
     wanginya terbawa hembusan angin ,
     kembang gadhung semerbak baunya ,
     membuat hati amatlah senang.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sêndon Pananggalan

Siyang tan para ratri ,
amung cipta pukulun ,
tan ana liyan kaèksi ,
mila katur kang cundhamanik ,
prasasat ragêng ulun kang sumêmbah ,
munggwing padanta prabu ,
mwang kagungan singsim ,
sasat sampun prapti ,
katon asta pukulun ,
wulaten Narpati ,
rama dèwaningsun.

     Siang ataupun malam ,
     hanyalah memikirkan paduka (Dewata) ,
     tiada lain yg terlihat ,
     maka -hamba- persembahkan cundhamanik (permata yg paling indah) ,
     seakan-akan badan hamba-lah yg menyembah ,
     berada di kaki raja ,
     juga yg memiliki cincin ,
     seakan sudah tiba ,
     nampak tangan paduka (Dewata) ,
     lihatlah raja ,
     ayah dewa hamba.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sêndon Tlutur Pathêt Nêm

Hadap para hapsari ,
tinonton sang dwija ,
kadya nggéwor jiwa ,
kagagas ing tyas ,
dahat kèwraning karyanira ,
datanpa antuk samya ,
myat rêngganing prabata ,
roning kadhêp kumêlap ,
pindha pangawéné sang dwija ,
lunging gadhung malêngkung ,
katiyup ing maruta manda.

     Dihadap para bidadari ,
     dilihat sang pandhita ,
     seakan membuat perasaan bercampur aduk ,
     terasakan dalam hati ,
     sangat kesulitan dengan apa yg musti dikerjakan ,
     tiada mampu semuanya ,
     melihat hiasan-hiasan gunung ,
     dedaunan yg bergerak-gerak (memantulkan cahaya) ,
     seperti lambaian tangan sang Pandhita ,
     batang -pohon- gadhung tertunduk ,
     tertiup oleh semilirnya angin.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sêndon Kloloran

Galak ulat kadi thathit abarung ,
kang pamulu , alus manis mawèh kung ,
sêmbada kang adêdêg mandarangkung ,
agorèh pantês dadya malatkung.

     Tampak galak seperti kilat menyambar ,
     raut wajahnya , -namun- halus dan manis menyenangkan (tutur katanya) ,
     seimbang perawakan -yg- tinggi semampai ,
     membingungkan , patut menimbulkan rasa kasih -yg melihat-.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Hastakuwala Alit

Mundhur sang rêkyana patih ,
undang mring pra wadya bala sawéga ,
umyung swaranipun bêndé bèri ,
gubar gurnang kalawan ,
puksur tambur suling ,
pêpandèn tunggul daludag ,
bandhèra mwah kakandha mawarna warna ,
pindha jaladiyan asri kawuryan.

     Mundurlah sang senapati (raden patih) ,
     -lalu- memanggil para bala tentara -agar- bersiap siaga ,
     ramai suara bende dan gong ,
     gubar , gurnang , juga ,
     puksur , tambur , suling ,
     berbagai umbul-umbul ,
     juga berbagai -bentuk- bendera berwarna-warni ,
     terlihat indah bagai samudra.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Hastakuwala Agêng

Grag-grag andhêmaning kang ,
jaran mrik magalak ,
gênti manitih pamêkak ira ,
ri sang sudarsana dahat ,
kêndhali rangah manjing ,
lak-lakané kuda ngrik mijil rah ,
kadya tuk sumarambah ,
mung jir … mung jir … mung jir …
yaksa têmahan krora sru manaut ,
yitna sang narpatmaja.

     grag-grag suara kaki -kuda melangkah- ,
     kuda meringkik galak ,
     silih berganti memekakkan ,
     -dengan- sangat sang sudarsana (teladan) ,
     menarik tali kendali masuk ,
     langit-langit mulut kuda , meringkik -seakan- mengeluarkan darah ,
     seperti mata air yg memancar dan mengalir ,
     mung jir … mung jir … mung jir …
     raksasa lalu berteriak keras dan menerkam ,
     waspada sang putra raja.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Budhalan Mataraman

Énjing bidhal gumuruh ,
saking nagri Wiratha ,
kèhing kang balakoswa ,
abra busananira ,
lir surya wêdalira ,
saka ing jalanidhi ,
arsa madhangi jagad ,
duk mungub mungub anèng ,
anèng pucaking wukir ,
mêrbabak bang sumirat ,
kênèng soroting surya ,
mèga lan gunung gunung.

     -saat- pagi berangkat -dengan- suara gemuruh ,
     dari kerajaan Wiratha ,
     banyaknya bala tentara ,
     gemerlap pakaian perangnya ,
     keluarnya seperti matahari terbit ,
     dari samudra ,
     hendak menerangi jagad raya ,
     -seperti mata air yg menyembur- ketika berada ,
     berada di puncak gunung ,
     bersorot merah menyala ,
     terkena cahaya matahari ,
     awan dan gunung-gunung.
 

Keterangan :
Sekar Salyarini ini menggambarkan berangkatnya barisan Pandawa ,
dari kerajaan Wiratha menuju padang Kurusetra menjelang Bharatayuddha.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Mataraman [1]

Rikat lampahireng rata ,
tan antara praptèng sukuning arga ,
éram tumingaling ,
pakuwon asriné dhêndhêng saéngga praja ,
umung kang pradangga ,
busêkan kang janma.

     Cepat lajunya kereta ,
     tak berapa lama sampai di kaki gunung ,
     mengherankan apa yg terlihat ,
     indahnya pesanggarahan (pondok) tidak ubahnya seperti keraton ,
     ramai suara gamelan ,
     berjubel (banyak sekali) orang -di sana-.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Mataraman [2]

Rasêksa prayitna anggrong krura wiroda ,
bêgor swara gurnita ,
samya sikêp sanjata ,
samarga girang-girang ,
mintonkên krodanira.

     Raksasa waspada berteriak keras amat galak (krura = wiroda) ,
     -seakan- suara guntur bergemuruh ,
     semua bersiap dengan senjata ,
     sepanjang jalan bergembira ,
     mempertontonkan watak mereka.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Mataraman [3]

Ènjing nêmbang têngara ,
gumuruh bidhaling wadya
sadaya samya samapta ,
abra busananira ,
samya sikêp sanjata ,
tumbak kêris pêdang ,
lan bandhèra warna-warna.

     -di waktu- pagi membunyikan tanda ,
     bergemuruh suara para prajurit -ketika- berangkat ,
     semua bersiap siaga ,
     berkilauan pakaian perangnya ,
     semua memegang senjata ,
     tombak , keris , pedang ,
     dan bendera yg beraneka warna.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Mataraman Jugag

Ridhu mawor , mangawur-awur wurahan ,
têngaraning ajurit ,
gong maguruh gangsa ,
têtêg kaya butula ,
wor panjriting turangga èshti ,
rêkatak ingkang ,
dwaja lêlayu sêbit.

     Debu bercampur -angin- , bersebaran -bagai- badai ,
     pertanda untuk berperang ,
     suara gong gamelan bergemuruh ,
     ditabuh seakan tembuslah (ke sisi lain gamelan) ,
     bercampur dengan jeritan kuda -dan- gajah ,
     suaranya -kayu patah- ,
     bendera lusuh robek.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Kêdu

Myat langêning kalangyan ,
aglar pandam muncar ,
tinon lir kêkonang ,
surêm soroting tan padhang ,
kasor lan pajaring ,
purnamèng gêgana ,
dhasaré mangsa katiga ,
ima anawêng ing ujung ancala ,
asênên karya wigêna ,
miwah isining wana ,
wrêksa gung tinunu.

     Melihat indahnya tempat yg disukai ,
     bertebaran suluh (dilah) menyala ,
     terlihat seperti -cahaya- kunang-kunang ,
     sinarnya suram tidaklah terang ,
     kalah dengan -sinar- yg dipancarkan ,
     -oleh- purnama di angkasa ,
     karena memang musim kemarau ,
     (mangsa katiga antara 22 Juni – 18 September)
     awan yg menutupi puncak gunung ,
     bersorot menyedihkan ,
     juga isi hutan ,
     pohon besar terbakar.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Lasêm

Dèning utamaning nata ,
bêrbudi bawa laksana ,
liré bêrbudi mangkana ,
lila lêgawa ing driya ,
agung dènnya paring dêdana ,
anggêganjar sabên dina ,
liré kang bawa laksana ,
anêtêpi pangandika.

     Yg disebut hal-hal utama seorang raja ,
     berbudi luhur , berwibawa dalam tindakan ,
     contohnya berbudi luhur adalah ,
     rela dan berbesar hati ,
     banyak sumbangan yg diberikannya ,
     memberi ganjaran setiap hari ,
     contohnya berwibawa dalam tindakan ,
     melaksanakan apa yg telah diucapkannya.

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Lindur

Nêmbang têngara mundur ,
sawadyané nêdya kondur ,
marang jroning puraya ,
cèlèng kukila kang katrajang gingsir ,
samya amangingkis ring ron karuwah ,
sangsaya sangêt palayuna bala.

     Membunyikan tanda -untuk- mundur ,
     semua prajurit hendak kembali ,
     ke dalam keraton.
     celeng (babi hutan) -dan- burung yg tertabrak segera menjauh ,
     semua -yg- bersembunyi didaun-daun tersibak ,
     semakin cepat larinya para prajurit.

 

BERSAMBUNG.

=================================================

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: