Suluk-Suluk Pedhalangan – Bag.03

 
Suluk-suluk yg digunakan pada PATHÊT SANGA [1]

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Wantah [1]

Sangsaya dalu araras ,
abyor kang lintang kumêdhap ,
titi sonya têngah wêngi ,
lumrang gandhané puspita ,
karênghyan ing pudyanira ,
sang dwijawara mbrêngêngêng ,
lir swarané madubranta ,
manungsung sarining kêmbang.

     Malam semakin indah ,
     -oleh- memancar cahaya bintang berkerlipan ,
     sunyi senyap tengah malam ,
     semerbak bau harumnya bunga.
     Terdengar suara doa dilantunkan ,
     -oleh- sang pandita utama -dengan suara- bergumam ,
     bagaikan suara kumbang ,
     -yg- menjemput sarinya bunga.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Wantah [2]

Dhêdhêp tidhêm prabawaning ratri ,
sasadhara wus manjêr kawuryan ,
tan kuciwa mêmanisé ,
mênggyêp sri natèng dalu ,
siniwaka sanggya pradasih ,
aglar ning cakrawala ,
winulat anglangut ,
prandéné paksa kèbêkan ,
saking kèhé tranggana kang sumiwi ,
wirata tanpa sêla.

     Sunyi senyap suasana malam ,
     rembulan sudah nampak -memancarkan sinarnya- di angkasa ,
     keindahannya tidaklah mengecewakan ,
     seperti layaknya raja di malam hari ,
     dihadap dan dikelilingi para kawula (abdi) ,
     terbentang di angkasa ,
     terlihat tiada batasnya ,
     meskipun begitu tampak sesak ,
     oleh sedemikian banyaknya bintang yg menghadap ,
     merata tiada bersela.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Wantah [3]

Mulat mara sang Harjuna sêmu kamanungsan ,
kasrêpan ri tingkahing musuh niran ,
padha kadang aywa taya wang wanèh ,
hana pwang anak ing yayah mwang ibu lèn uwanggéh paman ,
makadi narpa Salya Bhisma ,
sira sang dwijanggih guru.

     -ketika- melihat mereka (barisan Kurawa) Arjuna merasa trenyuh ,
     sedih akan keberadaan (status) musuh-musuhnya ,
     semua adalah saudara , bukanlah orang lain ,
     ada keponakan dari -garis- ayah dan ibu atau -terhitung- paman ,
     seperti Prabu Salya , -dan- Resi Bhisma ,
     beliau adalah Sang Pandhita juga adalah guru.
 

Keterangan :
Ketika barisan Pandawa dan barisan Kurawa berhadap-hadapan di padang Kurusetra.
Perasaan Arjuna menjadi bimbang , trenyuh , menyadari bahwa yg akan dihadapinya ,
adalah terhitung saudara , paman , keponakan , sepupu , sahabat , juga sang guru.
Prabu Bathara Kresna lalu memberi wejangan tentang sejatinya hidup.
Wejangan itulah yg kemudian dikenal sebagai Bhagawadgita.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Jugag [1]

Hascarya Parta wêkasan muwah ékatana ,
yèka wisanggêni maya ,
Sang Hyang I Supradipta.

     Sang Parta (Harjuna) amat menyukai pemberian panah ,
     yaitu wisanggeni utama ,
     -dari- Sang Hyang I Supradipta (bercahaya luar biasa).
 

Keterangan :
wisanggeni = wisa + a (atêr-atêr , awalan) + gêni = bisa yg berapi
(Racun yg bila terkena terasa panas).
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Jugag [2]

Mangu-mangu manguwung ,
wang-wang winangun mangêni ,
nênangi onênging nala.

     Ragu-ragu menyelimuti ,
     enggan menjadikan tak ada keinginan ,
     membangkitkan hasrat (keinginan) di hati.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Jugag [3]

Lir sadpadèngsun tumiling ngulati ,
midêring tanah anon sêkar warsiki.

     Aku seperti kumbang yg melihat , mencari ,
     kesana-kemari memperhatikan kembang warsiki.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Ngêlik [1]

Nihan siswa umatur ,
marang risang maha yogi ,
sang wipra kadiparan ,
karsané Hyang Hotipati ,
yogya saliring warna ,
kang gumêlar anèng bumi ,
mugi ulun têdahna ,
tandya sang wiku hanjarwi.

     Seperti itu murid berkata ,
     kepada sang maha pandhita.
     Sang pandhita bagaimanakah ,
     kehendak Hyang Hotipati (Bhatara Guru) ,
     -tentang- kebaikan berbagai macam ,
     yg tersebar di muka bumi ,
     semoga hamba diberitahukan.
     Segeralah sang pandhita menjelaskan maknanya.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Ngêlik [2]

Brêmara rèh manguswa ambrêngêngêng ,
kadi karênaning kaswasih ,
anèng marga amalatkung ,
Sang Ganda Wastratmaja ,
lêng-lêng lalu angulati ,
surya mangrangsang wayah ,
kumyur hamarawaryanta.

     Berdenging -suara- kumbang hendak mencium -bunga- ,
     seperti terpikat -oleh- senandung ,
     di jalan , -yg- menimbulkan rasa kasih ,
     Sang Ganda Wastratmaja (Bima , Wrekodara).
     Terpesona ketika melihatnya ,
     sang surya menjarahi waktu ,
     semburat merah cahayanya.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Sanga Ngêlik [3]

Jrudêmung ingèla-èla ,
kawilêt lang-langan lalu ,
lêng-lêng kalingan kalulun ,
kalangên langêning brangta ,
ngarang mirong rangu-rangu ,
karungrungan maring riya ,
riyaning tyas lir tinutus.

     Jurudemung dipuja-puja ,
     bercampur menyatu -dengan- rasa amat suka ,
     bahagia bergulung tertutupi ,
     dihias rasa suka -seperti- jatuh cinta ,
     mengarang -dengan- susah dan ragu-ragu
     -karena- suka akan masa lalu ,
     disitulah hati seperti diperas.
 

Keterangan :
Jurudemung : 1. Tukang gendhang (penabuh kendang).
2. Nama sekar (tembang) tengahan.

 

BERSAMBUNG.

=================================================

1 Komentar

  1. krismamta said,

    10/12/2015 pada 3:18 AM

    Saya suka dengan tulisan2nya…memperkaya pengetahuan budaya jawa…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: