Suluk-Suluk Pedhalangan – Bag.06 (Selesai)

 
Suluk-suluk yg digunakan pada PATHÊT MANYURA.

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Manyura Wantah

Mèh rahina sêmu bang Hyang Aruna ,
kadi nétrané ogha rapuh ,
sabdané kukila ring kanigara ,
sakêtêr kêkidungan ningkung ,
lir wuwusing winipanca ,
papêtaking ayam wana ring pagagan ,
mêrak anguwuh ,
brêmara ngrabasa kusuma ring parahasyan arum.

     Menjelang fajar bersirat kemerahan Sang Surya ,
     seperti mata yg sedang sakit ,
     ocehan burung engkuk di pohon kanigara ,
     bagai rintihan -orang- yg sedang jatuh cinta ,
     seperti suara seruling winipanca (suling India) ,
     kokok ayam hutan di ladang ,
     -suara- merak mengundang ,
     kumbang merusak (menyetubuhi) bunga di kamar tidur harum (indah).
 

Keterangan :
Sekar Wisarjita ini menceritakan keadaan di kerajaan Hastina saat menjelang fajar.
Ketika Prabu Kresna sebagai duta Pandawa beristirahat di kediaman Sang Widura ,
untuk esok paginya berunding dengan pihak Korawa.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Manyura Wantah [2]

Prapta Ngastina ingkang samya nèng jro pura ,
kadya duk angkatira Sang Séna ing nguni ,
Resi Durna lan Bhisma ,
miwah kang para rayi natèng Ngawangga ,
lan narpati Mandraka.

     Sesampainya di Hastina , semua yg berada di dalam keraton ,
     masih seperti berangkatnya Sang Sena (Bima) , saat diceritakan ,
     Resi Drona dan Maharesi Bhisma ,
     juga para adik , Raja di Ngawangga ,
     dan Raja Mandraka (Prabu Salya).
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Manyura Wantah [3]

Bayung lan bayêm bayêyêt anggung angrêmbayung ,
rawé-rawé ring rawan kara taru ,
turi karandang gondhang ,
kêdondong dhêndhêng sasanding ,
dung-dungan gudo ,
bêngok-bêngok manguk-manguk.

     Lembayung dan bayam tumbuh rapat -dan- rimbun
     -tanaman yg- menjulur-julur seperti awan di pohon
     -kembang- turi bergantungan setinggi leher ,
     dua buah kedondong sama besarnya berjejer ,
     ..?.. ..?..
     berteriak-teriak , berjalan-jalan ,
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Manyura Jugag

Yahni yahning talaga kadi langit ,
mambang tang pas wulan upama nika ,
wintang tulyang kusuma ya sumawur ,
lumra pwèkang sari kadi jalada.

     Airnya bening , telaga -luas- bagai langit ,
     bulus yg mengambang seumpama bulan (bulatnya) ,
     bintang seperti bunga yg bertebaran ,
     tepung sari -bunga- berserakan seperti awan.
 

Keterangan :
Sekar Bhramarawilasita di atas menggambarkan keadaan di Suwelagiri (gunung Suwela) ,
tempat pesanggrahan Sang Rama Wijaya beserta bala prajurit wanara (kera) ,
ketika menyerang kerajaan Alengka (Ngalengka) melawan Prabu Dasamuka.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Manyura Jugag [2]

Lêng-lênging driya mangu mangu ,
mangun kung kandhuhan rimang ,
lir léna tanpa kanin ,
yèn tan tulusa mêngku Sang Dyah utama.

     Hati yg terpikat ragu-ragu ,
     membuat kasmaran trenyuh sedih ,
     seperti mati tanpa luka ,
     bila tak berhasil mendapatkan Sang Dyah utama (Sang Wanita utama)
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Pathêt Manyura Ageng

Kilyan sangka rika tataman arêpat ,
rèhnya balé kancana ,
sobha bra mahêning pawal natar ,
ikarok mutyahara araras ,
widuriya amaranila ,
bapra ni pagêr tunjungnya mantên lumong ,
Muntab intên i gapuranya ,
macawintên suryakantha ujwala.

     Ke barat dari tempat itu , menyatu pertamanan ,
     dengan rumah emas (= pantisari : rumah yg berada di pertamanan)
     amatlah indah permai , kerikil-kerikil di halaman ,
     bercampur mutiara indah ,
     widuri dan permata biru (amaranila) ,
     -hiasan- teratai batu mirah di pagar tembok bersinar menyorot ,
     berpendar cahaya intan di gapura ,
     patung-patung -berhias- suryakantha memancarkan cahaya.
 

Keterangan :
Sekar Sardulawikridita di atas adalah lanjutan ,
dari seloka yg digunakan sebagai Suluk Pathêt Nêm Agêng [1].
Isinya menceritakan keindahan taman di kerajaan Hastina.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Manyura

Tandya bala Pandhawa byuh gumulung mangungsir ,
ring Sata Kurawa ,
kambah kongkih sru katitih ,
larut merut katut para ratu ,
tuwin sagung kang para Dipati.

     Dengan segera pasukan Pandhawa menyerbu dan bercampur ,
     dengan -pasukan- Sata Korawa (Kurawa seratus) ,
     diserang , dikalahkan , tumpang tindih (silih berganti) ,
     menyatu , terbawa , bercampur , para raja ,
     juga segenap Adipati.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Jugag [1]

Pandhita akarya wangsit ,
pindha kombang angajab ing tawang ,
susuh angin ngêndhi nggoné ,
myang galihing kangkung ,
isining wuluh wungwang.

     Pandhita memberi wangsit (pengetahuan) ,
     seperti kumbang berdoa di angkasa ,
     sarang angin dimanakah tempatnya ,
     juga hati -tanaman- kangkung ,
     isi dari -seruas- bambu kosong.
 

Keterangan :
Dalam kawruh Kejawen , kalimat-kalimat di atas disebut “isbat”.
Isbat adalah kalimat semacam perumpamaan yg mengandung makna filsafat.
“Isbat” sendiri artinya tetap , ketetapan , tidak berubah.
 

———————————————————————————————————————-
 

Ada-ada Jugag [2]

Niyata laruta sakwèh ning yodha sakurukula ,
ya tan angutusa Sang Bhisma Drona sumuruda ,
tuwi pêtêng i walêk ning rênwangdé lewu wulangun ,
wekasan awa têkap ning rah lumramadêti lêbu.

     Tentu akan lebur musnah sebanyaknya prajurit Kurawa ,
     bila Sang Bhisma -dan- Resi Drona tidak memberi aba-aba -untuk- mundur ,
     apalagi gelap oleh debu yg berterbangan membingungkan para prajurit ,
     -namun- akhirnya terang oleh darah yg mengalir membuat debu memadat.
 

Keterangan :
Di hari ke dua Bharatayuddha ,
meski Pandawa dan Korawa sama-sama menggelar siasat perang Garudawyuha ,
namun pasukan Korawa banyak yg mati karena mengamuknya Bhima dan Arjuna.
Melihat keadaan itu Resi Bhisma dan Resi Drona segera memberi aba-aba ,
agar pasukan Kurawa mundur.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sêndhon Sastradatan [1]

Tatkala Narpa Krêsna ,
tan tulus anyakra ,
ri Rêsi Wara Jahnawisuta ,
ngka munggah sira kalih ing ratha ,
têhêr tumiyangakên ikang sarotama ,
tan wyarthan magawé pupug ,
ni guna sang rêsi ,
lêsu mari katarojwala ,
têkwan puh umiyat ri sang Wara Srikandhi ,
karana ni gupê niralaga.

     Ketika Prabu Kresna ,
     tidak jadi melepaskan senjata Cakra ,
     ke Resi Agung Putra Dewi Gangga (Maharesi Bhisma) ,
     maka keduanyapun (Arjuna dan Kresna) naik ke kereta -perang- ,
     segera (Arjuna) mengarahkan sarotama (panah utama) ,
     tidak meleset , menyebabkan berkurangnya ,
     kekuatan sang Resi (Maharesi Bhisma) ,
     melemah tak lagi tampak menyala-nyala -semangatnya- ,
     malah sirna – ketika- melihat sang Wara Srikandhi ,
     membuatnya seakan tak ada niat berperang.
 

Keterangan :
Saat Bharatayuddha hari ke 10 , Sang Mahasenapati Korawa , yaitu Maharesi Bhisma ,
mengamuk tanpa tanding , sehingga banyak prajurit dari Pandhawa yg mati.
Arjuna yg tidak segera melepaskan senjata pamungkas membuat Prabu Kresna marah ,
sampai-sampai sang Prabu Kresna lupa akan sumpahnya ,
bahwa , dalam Bharatayuddha tidak akan ikut berperang dengan menggunakan senjata.
Dengan senjata Cakra di tangan , Prabu Kresna pun turun dari kereta ,
mendekati dan hendak menghabisi Sang Maharesi Bhisma.
Namun Arjuna segera menyusul dan mengingatkan Prabu Kresna akan sumpahnya.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sêndhon Sastradatan [2]

Mawantu witaning gita ,
ginupitèng kandhanira risang ,
Gandawastratmaja ,
sabêdhahing Jodhipati ,
punggawa samya anungkul ,
branèstri wus kaboyongan ,
tan ana sawalèng driya ,
sigra kondur sawadya ,
samarga ramé gumuruh ,
dalu kèndêl masanggrahan ,
ngunggar sukaning wadya ,
rinilan sakarsanira ,
dènirandon andrawina.

     Demikianlah permulaan tembang ,
     menceritakan tentang sang ,
     Gandawastratmaja (Bhima , Wrekodara) ,
     setelah ditaklukkannya Jodhipati ,
     para prajurit menyerah ,
     harta dan wanita (putri keraton) sudah diboyong ,
     tiada keraguan di hati ,
     segera kembalilah para prajurit ,
     sepanjang jalan ramai bergemuruh ,
     malam hari berhenti beristirahat ,
     membiarkan para prajurit bersenang-senang ,
     diijinkan semaunya ,
     mereka berpesta pora.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sêndhon Kagok Kêtanon [1]

Dhuh , dhuh , dhuh , aoh , aoh , aoh ,
dhuh yana sun anembang tikus langu ,
trenggala kang saben longan ,
babo , babo ,
dhuh yana calurutan ,
kaya nggoleki bedange.

     Dhuh , dhuh , dhuh , aoh , aoh , aoh ,
     dhuh kawan aku bersenandung tikus bau ,
     dicarilah disetiap bagian bawah (ranjang , dipan , lemari , dsb)
     adhuh , adhuh ,
     dhuh kawan berlarian kesana-kemari seperti cecurut ,
     seperti mencari sarangnya.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sêndhon Kagok Kêtanon [2]

Dhuh , dhuh , dhuh , aoh , aoh , aoh ,
dhuh yana sun anembang manten anyar ,
sing lanang wis brahi sing wadon durung brahi ,
babo , babo ,
dhuh yana lagi cedak ,
kepalang wong njaluk geni.

     Dhuh , dhuh , dhuh , aoh , aoh , aoh ,
     dhuh kawan aku bersenandung pengantin baru ,
     yg lelaki sudah bernafsu yg perempuan belum ,
     adhuh , adhuh ,
     dhuh kawan sedang dekat ,
     terhalang oleh orang yg minta api.
 

=================================================

Suluk , Ada-ada , Sêndhon , lainnya.

———————————————————————————————————————-
 

Jumangkah anggro sêsumbar ,
lindhu gêtêr patêr ,
kang bumi gonjing ,
gumaludhug guntur kêtug ,
gora rèh gara-gara ,
kadya bêlah bumi ,
gunung manggut-manggut ,
umob jaladri prakêmpa ,
pênyune kumambang wingwrin.
tuhu Wisnu Bathara

     Melangkah -sambil- bersuara keras menantang ,
     gempa diiringi guruh ,
     bumipun bergoyang ,
     bergemuruh guntur kilat ,
     keras -suaranya- seperti prahara ,
     seakan bumi terbelah ,
     gunung mengangguk-angguk ,
     laut berguncang -airnya- mendidih ,
     penyu-nya mengapung ketakutan ,
     benarlah -Prabu Kresna adalah penjelmaan- Bathara Wisnu.
 

Keterangan :
Sekar pangkur ini menggambarkan Prabu Kresna yg tiwikrama ,
ketika hendak dikeroyok para Kurawa di kerajaan Hastina ,
saat sang prabu menjadi duta pamungkas Pandawa.
 

———————————————————————————————————————-
 

Suluk Plêncung Jugag

Wanodya ayu utama mangambar arum ,
mangambar aruming kusuma ,
yèn ngandika èsmunya anggigit lathi ,
sêmbada gênging salira ,
lêlèwané milangêni ,
liringé nétra singa mulat kang lêng-lêng brangta.

     Wanita cantik utama menyebarkan wangi ,
     menyebarkan wanginya bunga ,
     bila berbicara seakan-akan menggigit bibir ,
     seimbang (pantas) tinggi besarnya badan ,
     gerak-gerik gayanya menyenangkan ,
     lirikan matanya yg melihat akan terpikat jatuh hati.
 

———————————————————————————————————————-
 

Kêlême mawa limut ,
kalamatan jroning alam kanyut ,
sanyatané iku kanyataan kaki ,
sêjatiné yèn tan émut ,
sayêkti tan bisa momor.

     Tenggelamnya (rasa itu) dengan suasana gelap ,
     mendapat firasat dalam alam yg menghanyutkan ,
     sebenarnya itu kenyataan , anakku ,
     sebenarnya bila tidak ingat (eling) ,
     tidak akan dapat menyatu.
 

Keterangan :
Sekar di atas adalah tembang gambuh petikan dari “Serat Wedhatama” bait ke 66.
 

———————————————————————————————————————-
 

Sigra cancut gumrêgut ,
ngêmbat watang ngrabasa musuh ,
tangkêp jaja kantaran bahu sayêkti ,
léna-léna praptèng lampus ,
sirna madyaning palugon.

     Segera menyingsingkan celana dan bergerak ,
     membawa tombak menerjang musuh ,
     beradu dada bertabrakan bahu sebenarnya ,
     -yg- tidak waspada akan menemui kematian ,
     hilang di tengah medan perang.
 

———————————————————————————————————————-
 

Pamêkaring warsitaning adi ,
cumantaka aniru pujangga ,
dahat mudha ing bathiné ,
nanging kêdhah ginunggung ,
tan wêruh yèn akèh ngèsêmi ,
kapêksa angrumpaka ,
surasa kang klantur ,
tutur kang katula-tula ,
tinaladêr pindha kalawan riris ,
mrih padhanging sasmita.

     Terbuka dan tersebarnya petuah utama ,
     memberanikan diri meniru pujangga ,
     sangatlah muda (bodoh) -pengetahuan- bathinnya ,
     namun harus didorong disemangati ,
     tanpa tahu akan banyak menertawakan ,
     terpaksa mengarang ,
     makna yg kelewat ,
     kata yg tersia-sia ,
     menetes-netes bagai melawan hujan ,
     supaya terang benderangnya pertanda.
 

———————————————————————————————————————-
 

Anoman malumpat sampun ,
praptèng witing nagasari ,
mulat mangandhap katingal ,
wanodya yu kuru aking.

     Anoman (Hanuman) sudah melompat ,
     sesampainya di pohon nagasari ,
     melihat ke bawah tampaklah ,
     wanita cantik kurus kering (Dewi Sinta).

=================================================

Daftar Pustaka (sumber bacaan) :
– Suluk Pedhalangan  –  S. Padmosoekotjo.
– Tuntunan Sulukan Pedalangan Djangkep  –  Kodiron BA.
– Sarasilah Wayang Purwa  –  S. Padmosoekotjo.
– Pagelaran wayang yg pernah dilihat dan didengar.
– Kamus Kawi Jawa  –  C.F Winter Sr & R.Ng. Ranggawarsita.
– Bausastra Pribadi.
– Lain-lain.

=================================================
Ngesti_Aji_Manjing_Kajaten_
=================================================

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: